Wednesday 26 February 2014

Rahasia Sukses Hary Tanoesoedibjo


“Kehadiran pengusaha di sebuah Negara tidak hanya memberikan nilai tambah dalam sumbangsih pajak melainkan juga membuka lapangan kerja, selain mempekerjakan diri sendiri juga mempekerjakan orang lain.” Demikianlah Hary Tanoesoedibjo membuka kuliah umum di Universitas Advent Indonesia, Rabu, 26 Febuari 2014. Hary senang mendorong para pemuda untuk memulai usaha sejak dini. Karena Indonesia memiliki banyak sumber daya alam maupun manusia yang apabila di maksimalkan maka akan membawa Negara Indonesia kepada masa depan yang cerah.

Pada saat itu Hary menyampaikan rahasia kesuksesannya, yaitu yang pertama dan utama ialah hubungan spiritualnya bersama Tuhan. Matius 7:7 mengatakan “mintalah” maka kita memohon dan berdoa kepada Tuhan, lalu “carilah” yang berarti kita harus berusaha, dan “ketoklah” yang menunjukkan konsistensi kita kepada Tuhan. Hary menganalogikan kata “ketoklah” seperti berikut ini, jika anda mengetok pintu rumah orang tetapi tidak dibuka reaksi anda bisa saja marah lalu menendang pintu tersebut, ada juga karna tidak dibukakan pintu ia lalu pergi dan tak kembali lagi, tetapi ada juga yang tetap setia dan konsisten untuk menunggu dan ia yakin bahwa pemilik rumah akan membukakan pintu untuknya.

Yang kedua, fokus kepada kualitas, apapun pekerjaan kita. Ia mempunyai 2 orang karyawan yang berbeda, karyawan yang satu jika diberikan pekerjaan ia melakukannya tetapi ketika dilihat banyak hal yang perlu dikoreksi setelah diberitahu ia memperbaikinya, ia membutuhkan 2-3 kali koreksi setelah hasilnya sempurna. Sedangkan karyawan yang satu lagi ketika diberikan pekerjaan ia melakukannya dan hasinya sempurna. Apakah karyawan yang pertama bertanggung jawab? jawabnya ialah ya, tapi apakah ia reliable? Tidak. Sedangkan karyawan kedua apakah ia bertanggung jawab jawabannya ya, apakah ia reliable? Ya juga. Lalu jika anda sebagai atasan manakah yang akan anda pilih tentu karyawan kedua bukan?

Dan yang ketiga tetap introspeksi diri. Jika anda merasa sudah memiliki hubungan yang erat dengan Tuhan, focus kepada kualitas maka jangan puas diri, tetaplah mengintrospeksi diri maka yakinlah kulitas hubungan anda dengan Tuhan akan semakin baik demikian juga dengan kualitas pekerjaan anda.

Seluruh warga Universitas Advent Indonesia bersukacita atas kedatangan Hary Tanoesoedibjo yang telah menyempatkan waktu untuk berbagi kisah, pengalaman dan pemikiran yang baik yang dapat memotivasi setiap warga kampus untuk tetap semangat dalam cita-cita dan meraih sukses.

FotoOfficial Choir Universitas Advent Indonesia memberikan lagu sambutan

Pemberian beasiswa oleh Hary Tanoesoedibjo kepada mahasiswa berprestasi Universitas Advent Indonesia

Pemberian plakat penghargaan dan terimakasih oleh Universitas Advent Indonesia kepada Hary Tanoesoedibjo

Terima kasih kepada Quest Universitas Advent Indonesia "Leadership Development", Prof. Dr. Albert Hutapea yang telah menghadirkan Hary Tanoesoedibjo.

Oleh: Agung Rajagukguk. Bandung 26 Feb 2014

1 comment:

  1. lebih cocok Bapak Hary ini meneruskan jadi pengusaha saja drpd menjadi Cawapres :D

    ReplyDelete