Thursday 12 September 2013

Apakah Benar Cokelat Menyehatkan?

Mengonsumsi coklat selain nikmat juga menyehatkan! Sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa orang yang mengonsumsi banyak coklat mengalami penurunan tingkat resiko penyakit jantung hingga 37% dan penurunan tingkat resiko stroke hingga 29%.
 

1. Coklat Membantu Fungsi Otak

Dalam coklat mengandung Flavonol, sebuah zat yang mirip dengan zat anti-oksidan, ternyata mampu melancarkan sirkulasi darah ke otak. Sebuah studi di 2009 menyatakan bahwa partisipan tes yang diminta menghitung mundur angka antara 999-800 per tiga set mampu menghitung lebih cepat, akurat, tanpa segera merasa lelah setelah diberi segelas minuman coklat panas.

2. Coklat Mengenyangkan

Sebuah penelitian di Denmark memberi para partisipannya 100gr dark chocolate atau milk chocolate dan menawari mereka pizza 2 jam kemudian. Ternyata yang memilih dark chocolate mengonsumsi 15% kalori lebih sedikit dari pada yang memilih milk chocolate dan menjadi kurang tertarik dengan makanan asin, berlemak dan penuh gula.

3. Coklat Memperbaiki Mood

Coklat mengandung phenethylamine yang saat masuk ke tubuh akan merangsang dilepasnya hormon endorfin. Reaksi yang terjadi ini sama dengan reaksi yang terjadi pada orang yang jatuh cinta.

4. Coklat Membantu Relaksasi

Sering mengidam coklat saat sedang stres? Ternyata hal ini wajar saja. Coklat mengandung anandamide, sebuah zat yang merangsang bagian otak yang sama jika dirangsang oleh marijuana. Tiap gigitan coklat akan membuat tubuh semakin santai.

5. Coklat Memperpanjang Umur

Mengonsumsi coklat atau permen bisa memperpanjang usia hingga 1 tahun. Orang-orang yang mengonsumsi coklat atau permen 3 kali per bulan memiliki tingkat kematian yang paling rendah. Studi juga menunjukkan orang yang pernah terkena serangan jantung akan pulih lebih baik dan cepat jika dibarengi dengan konsumsi coklat. Konsumsi coklat yang baik dan tidak membuat gemuk adalah 1 ons per hari.

No comments:

Post a Comment