Thursday, 25 July 2013

[7wonders] Pulau Komodo, Surga Kadal Raksasa



Taman Nasional Komodo, Tempat yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya tetapi begitu familiar namanya di telinga saya. Jelas saja, pada tahun 2011 silam Taman Nasional ini terpilih menjadi salah satu 7 Keajaiban Dunia yang baru (New 7 Wonders). Pesaingnya pada saat itu ialah Table Mountain di Afrika Selatan, Teluk Halong dari Vietnam, Pulau Jeju di Korea, Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa, Hutan Amazon Amerika Serikat dan terakhir Iguazu Waterfall pada perbatasan Brazil dan Argentina.

Dan yang paling mengesankan, Taman Nasional Komodo mendapat suara terbanyak. Hal ini membuktikan bahwa warga Indonesia concern terhadap hartanya sendiri, ya mungkin harus didorong dengan sosialisasi yang tinggi juga. Dan saya mencoba untuk mensosialisasikan kembali salah satu harta kebanggaan kita, orang Indonesia, Taman Nasional Komodo, khususnya Pulau Komodo


Diatas ini merupakan peta Indonesia, teman-teman bisa melihat tempat yang sudah saya lingkari berwarna merah. Disitulah letak Taman Nasional Komodo yaitu di Kepulauan Nusa Tenggara. Saya berdomisili di Jakarta dan kalau saya lihat dari peta diatas lokasinya sangat dekat, hanya beberapa jengkal tangan saya (hehe). Tapi pada kenyataanya sudah pasti jaraknya tidak dekat, saya perlu mengadakan perjalanan darat dan laut/udara.

Di Taman Nasional Komodo ini terdiri dari beberapa pulau, diantaranya Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar, namun kali ini saya akan lebih dalam membahas tentang Pulau Komodo yang lokasinya berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat

Apa yang menjadi keunikan paulau ini?


KOMODO, KADAL RAKSASA Tentu saja kehadiran dari spesies kadal terbesar didunia, Biawak Komodo atau penduduk Nusa Tenggara menyebutnya ora.
Yang menarik dari komodo adalah;
Ukuran rata-rata panjangnya yang mencapai 2-3 meter. Ukurannya yang besar ini membuat komodo menjadi predator puncak yang mendominasi ekosistem tempat hidupnya. Ia dapat mendeteksi keberadaan bangkai sejauh 4.5 hingga 9.5 kilometer menggunakan batuan angin. Komodo mampu berenang dengan sangat baik dan menyelam sedalam 4.5meter. Kecepatan berlarinya bisa mencapai 20km/jam pada jarak pendek.
Komodo hanya ditemukan di Pulau Komodo, Pulau Rinca, Gili Motang dan Nusa Kode. Komodo tidak ditemukan di tempat lain lagi di atas bumi ini, selain di tempat tadi.
Keberadaannya yang terancam punah membuat beberapa orang peduli dan bertindak dalam aksi penyelamatan. Mulai dari beberapa Orang Belanda yang melarang pemburuan Komodo, penetapan Taman Nasional Komodo di beberapa pulau di Nusa Tenggara oleh Pemerintah Indonesia pada tahun 1980, kemudian diterimanya Taman Nasional Komodo sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO di tahun 1986, hingga menjadi salah satu New 7 Wonders. 
Mari kita lihat mereka :


LOH LIANG Keunikan selanjutnya, Terdapat gerbang masuk daerah wisata utama di Pulau Komodo yaitu Loh Liang. Pemandangan yang begitu indah dapat kita temui di tempat ini. Hamparan air laut biru menyelimuti, burung-burung yang begitu bebas terbang, rusa-rusa Timor yang berkeliaran. Oh merupakan anugerah terindah dari Sang Pencipta. Bagi pecinta photographer dan video shoot Loh Liang adalah tempat yang sangat tepat. Meskipun matahari terik menyentuh kulit tapi semua terbayar dengan keindahannya.
Di tempat ini sudah difasilitasi dengan pondok wisata, pusat informasi, cafetaria, dermaga, shelter dan jalan setapak. Oh ya bagi yang gemar melakukan tracking Loh Liang juga menjadi destinasi yang tidak adkan mengecewakan.


pemandangan bak sebuah surga bukan


PANTAI MERAH Keunikan selanjutnya Keberadaan Pantai Merah, dinamakan demikian karena memang pasirnya yang berwarnah merah kemudaan. Ini bukan warna yang biasa untuk pasir pantai. Saya coba mencari tahu mengapa pasirnya berwarna demikian. Ternyata fenomena ini terjadi secara alami yang merupakan campuran serpihan karang, kalsium karboant invertebrata laut kecil, cangkang kerang dan spons laut laut yang berwarna merah. SUNGGUH MENAKJUBKAN!

Pantai Merah juga memiliki biota laut dan terumbu karang yang mengesankan, ada sekitar 1.000 jenis ikan, ratusan jenis karang, dan 70 jenis spons hidup di pantai ini. Pengunjung bisa melakukan diving, snorkeling atau sekedar bersantai dipinggir pantai sambil melakukan dokumentasi atau fotografi. Arus pantai merah cukup kuat, karena pertemuan laut tropis dari utara dan air laut dari selatan, sehingga bagi yang ingin berenang atau snorkling harus berhati-hati.
Mari kita lihat dokumentasi pantai dan bawah lautnya;









Sebagai orang Indonesia kita harus bangga akan harta yang sudah Tuhan anegarahkan kepada negara kita. Banyak dari kita yang peduli akan kelangsungan hidup dari kadal raksasa beserta segala yang ada di dalam Pulau Komodo, tapi banyak juga tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Semua dimuali dari diri kita untuk menjaga dan merawatnya, tetaplah ramah lingkungan apabila berkunjung ke tempat wisata apalagi yang sudah mulai langka seperti Pulau Komodo ini. Salam Indonesia :)

8 comments:

  1. Pulau yang memiliki panorama keindahan alam dan budaya yang sangat mengasyikan untuk di telusuri dan dinikmati.

    Salam wisata

    ReplyDelete
  2. Haloo Vloggers,

    Saya putri dari VIVAlog, meminta biodata lengkap lomba blog "Jelajah 7 Keajaiban Nusantara" #terios7wonders , sebagai berikut:

    Nama lengkap:
    Username VIVAlog:
    Alamat lengkap:
    No Hp:
    Link Blog:

    kirim ke email: putri.megasari@viva.co.id

    Regrads,
    Putri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba Putri, saya sudah kirim sebelumnya, tapi saya coba resend ya mba, thankyou

      Delete
  3. Salam

    Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. keren reviewnya cukup bermanfaat nih buat para traveler indonesia yang ingin lebih mengenal banyaknya keindahan alam di negeri kita ini. Permisi saya juga mau share info tujuan wisata lainnya nih , di mohon komentarnya yang membangun. http://resturamadhandream.blogspot.com/2013/08/7-wonders-plengkung-alas-purwo.html

    ReplyDelete
  5. wah selamat selamat menjadi finalis nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama selamat juga pak, sepertinya hari minggu akan ramai karna dari detikblog ada 25 orang juga

      Delete
  6. pulau komodo itu sangat sangat indah..tapi apa memang tidak takut dengan adanya komodo?

    mampirrrr http://tanjungherbal.com/shampo-noni-bsy/

    ReplyDelete